Uncategorized

Kamu Sering Merasa Lelah Ketika Bekerja? Coba lakukan “Micro Breaks”!

Hallo guys, pernahkah kamu merasakan kebosanan, kelelahan ketika bekerja? Sehingga membuat kamu jadi burnout dengan apa yang kamu ingin selesaikan. Ingin liburan tapi galau karena pekerjaan menumpuk belum selesai dan jadi tidak tenang. Eitss jangan galau ya buddies, karena para peneliti menemukan bahwa micro breaks atau istirahat kecil ini dapat membantu para pekerja yang lelah agar dapat bangkit kembali dari kelelahan dan terlibat dengan pekerjaan mereka agar lebih baik sepanjang hari. Tapi memang sebenarnya micro breaks itu seperti apa sih?


Micro Breaks merupakan kegiatan untuk melakukan jeda singkat tanpa direncanakan yang dilakukan di tengah jam kerja. Micro Breaks dapat berupa aktivitas bebas seperti makan cemilan, mengobrol dengan rekan kerja, meregangkan tubuh atau mengerjakan kegiatan yang membuat pikiran fresh. Nah setelah kita melakukan itu dampaknya seperti apa? Seseorang yang melakukan ‘micro breaks’ atau mengambil istirahat sejenak akan membantu kamu mempertahankan tingkat energi. Selain itu, jeda ini membantu mereka memenuhi tuntutan pekerjaan dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Tapi tahu ngga sih guys untuk melakukan ‘micro breaks’ ini ada cara yang lebih efektif untuk kamu lakukan loh, penasaran kan? Yuk simak artikel berikut ini ya..

  1. Melakukan Teknik podomoro
    Teknik ini bertujuan agar kamu tidak mudah burnout ketika menyelesaikan pekerjaan kamu ya buddies, karena teknik ini memberikan kamu jeda untuk rehat sejenak. Contohnya kamu sudah menyelesaikan tugas selama 20 menit nah setelah itu kamu bisa kasih jeda untuk mengistirahatkan tubuh dan mata kamu ya. Agar setelah itu kamu bisa lebih semangat untuk bekerja.
  2. Mencari suasana baru
    Pasti hal yang melelahkan ya buddies ketika melakukan pekerjaan tapi setelah rehat hanya berada di lingkungan pekerjaan tersebut. Untuk melakukan micro breaks ini kamu juga bisa dengan cara mencari suasana baru ya agar pikiran kamu bisa lebih fresh Kembali ketika berada pada suasana yang baru.
  3. Melakukan peregangan dan olahraga mata.
    Buat kamu yang kesehariannya bekerja di depan laptop, ini juga penting banget ya buddies untuk kamu terapkan. Karena terlalu sering menatap layar laptop juga berbahaya untuk kesehatan kamu loh guys. Jadi tidak masalah jika dalam waktu sejenak kamu perlu rehat untuk melakukan peregangan tubuh kamu.

Oke itu dia tips untuk mengurangi rasa lelah dan bosan kamu ketika bekerja ya buddies, sebagai seorang pekerja kamu memang harus ambis untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Tapi, jangan sampai itu membuat kamu jadi semakin tertekan dan menjadi burnout ya guys. Bukan cara yang salah kok jika kamu ingin melakukan istirahat sejenak dengan tujuan membuat pekerjaan kamu menjadi lebih maksimal.

Semangat beraktivitas dan jangan lupa bahagia ya guys😊

Penulis: Tri Utami (Komuniasik Campus Ambassador Batch 1)

Penyunting: Hilya Maylaffayza (Tim Redaksi Komuniasik)

Menilik Problematik Dakwah di Media

Previous article

Quarter Life Crisis, How to Deal with It?

Next article

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *